Tips & Tricks Mengoptimalkan Power BI

Microsoft Power BI merupakan tools Business Intelligence yang memungkinkan untuk mengolah data lebih detail dan menampilkan dengan grafis yang lebih interaktif dan variatif. Microsoft Power BI dapat memvisualisasikan data yang telah dimasukkan ataupun data yang telah terkoneksi oleh sistem penyimpanan baik di cloud maupun local.

Dashboard Power BI memiliki keunggulan dibandingkan dengan pembuat grafik visual yang lain, hal ini disebabkan visualisasi dapat saling berinteraksi dengan visualisasi lain di dalam satu dashboard. Dengan ini, anda dapat menggunakan Power BI untuk seluruh bisnis yang dapat menggunakan data sebagai penunjang bisnisnya. Berikut ini tips and trick menggunakan Power BI dengan baik dan cepat.

Visualisasikan dengan layanan yang digunakan

Power BI memiliki ratusan konten, template, dan integrasi untuk banyak layanan data, aplikasi, serta layanan visualisasi yang pernah digunakan. Selain dapat membuat laporan dan memvisualisasikan sendiri, anda juga dapat melakukan penghitungan, serta mengatur tingkat akses untuk pengguna individu, sumber data, atau dashboard dan laporan tertentu untuk mengontrol siapa saja yang dapat melihat informasi yang lebih detail.

Bercerita menggunakan data anda

Jika anda memiliki data, anda perlu mencari informasi dari data itu dan dapat bercerita dengan data. Tujuannya agar masalah yang ada dalam data dapat terselesaikan dan juga data mudah dibaca atau dipahami oleh stake holder.

Apabila anda memiliki data time series dan ingin ditampilkan, anda dapat menggunakan Timeline Storyteller Power BI. Dengan ini, anda dapat membuat list linier tanggal atau waktu, dan menampilkan dalam lingkaran, spiral, grid, atau bentuk lainnya. Fitur ini dapat digunakan untuk membuat urutan kronologis yang dalam penerapannya dapat anda gunakan untuk menjelaskan sejarah perusahaan anda serta perkembangannya.

Jelajahi ‘What-If’

Dalam penggunaan Power BI, anda dapat membandingkan dengan jelas bagaimana visualisasi dengan Excel. Menggunakan Power BI, anda bisa membuat visualisasi saling berinteraksi dan juga anda dapat menampilkan grafik sesuai kebutuhan. Konsep inilah yang membuat anda sebagai pengguna perlu menjelajahi konsep ‘what-if’.

Konsep skenario ‘What-if’ adalah dengan cara menambahkan parameter tambahan yang belum ada dalam data sehingga berbentuk sebagai pemisalan.  Jadi jika anda membuat parameter What-If untuk jumlah pelanggan yang tertarik dengan promosi tertentu, anda dapat memasukkannya ke dalam formula yang telah dibuat untuk menunjukkan banyaknya antusias  pelanggan yang diharapkan harus ditangani. Lalu, centang “Add slider to this page” pada dialog parameter What-If untuk menambahkan slide bar yang dapat digeser untuk menunjukkan perbedaan saat jumlah respons pelanggan lebih tinggi atau lebih rendah.

Buat Visualisasi Power BI Custom

Power BI sendiri melibatkan berbagai visualisasi, anda juga dapat menambahkan lebih banyak visualisasi baik dengan mengunduhnya dari Office store atau membuatnya sendiri dengan Power BI Custom Visual Tool. Pada Office Store menyertakan visualisasi dari Microsoft seperti word cloud, plot korelasi berdasarkan R script, dan “box and whisker plot” yang menyoroti outlier, cluster, dan percentiles serta visualisasi yang dibuat oleh pelanggan Power BI.


Selain itu anda juga dapat menautkan diagram Visio ke Power BI sebagai visual custom, jika ingin menganalisis kemajuan melalui alur kerja dan proses. Apabila anda memiliki model analitik Excel, perubahan visualisasi kustom dapat menggunakan Analytic Solver Frontline. Laporan yang diperoleh bukan laporan statis karena ini merupakan model dinamis, dimana dapat drag and drop kumpulan data Power BI untuk mengopimalkan berbagai pilihan.

Memaksimalkan Visualisasi AI

Beberapa visualisasi interaktif Power BI menggunakan machine learning untuk mengidentifikasi wawasan yang biasanya memerlukan data scientist. Key driver akan membantu mengidentifikasi dan memberi peringkat pada faktor-faktor yang berkontribusi, seperti apa saja yang mempengaruhi produk untuk dipesan kembali.

 

Tidak hanya itu, perhitungan seperti peramalan data runtun waktu juga dapat dilakukan dengan Power BI. Dengan ini, pengguna tidak perlu mempelajari secara rumit konsep runtun waktu dan peramalan, dengan visualisasi yang ditawarkan, anda dapat memunculkan hasil peramalan.

Melakukan real-time Analytics pada data streaming

Sebagian besar BI dilakukan pada data yang diekstrak dari database pada interval tertentu. Apabila ingin menganalisis data dari situs e-commerce atau sistem teknologi operasional yang memiliki sensor maka membutuhkan akses ke data streaming real-time.

Biasanya hal ini akan membutuhkan beberapa pengembangan untuk ekstrak data, tetapi streaming dataflow di Power BI akan terhubung ke Azure Streaming Analytics, sehingga memungkinkan analisis bisnis untuk menggabungkan batch dan streaming data ke dalam laporan yang sama untuk menemukan pengecualian, memicu tindakan, dan bereaksi lebih cepat terhadap perubahan dalam sistem fisik.

Aktifkan Teams Integration

 

Jika organisasi menggunakan Teams, maka membawa laporan Power BI ke tempat kerja akan membuatnya lebih berguna. Karena, menurut Microsoft penggunaan data di Power BI hampir dua kali lipat saat aplikasi disematkan dalam Teams. Jika organisasi IT telah menginvestasikan waktu dan uang untuk meluncurkan Power BI, maka dengan mengaktifkan Teams Integration akan memperoleh lebih banyak dari investasi tersebut.

Kesimpulan

Jika anda ingin mengoptimalkan Power BI, anda perlu memaksimalkan juga pemahaman dari data yang anda miliki untuk selanjutnya diceritakan. Kemudian, anda juga perlu merencanakan visualisasi apa saja yang akan dibentuk. Tentunya anda juga perlu memanfaatkan fitur – fitur istimewa di dalam Power BI yang memudahkan pekerjaan anda serta berintegrasi dengan pengguna lain di dalam perusahaan jika penggunaan Power BI ini digunakan untuk kepentingan perusahaan.

Untuk mengembangkan skill Power BI kami menyediakan berbagai pilihan kelas yang bisa kamu ikuti, belajar dari para praktisi yang bergelut langsung menggunakan Power BI dalam banyak kasus. Registrasi sekarang melalui : https://mentorpowerbi.com/daftar/