Manfaat Praktis Power BI Bagi Perusahaan atau Organisasi

Microsoft Power BI merupakan salah satu software business intelligence yang sangat bermanfaat bagi pengguna pribadi ataupun perusahaan. Seperti yang sudah dituliskan dalam artikel ‘Apa itu Microsoft Power BI?’, terdapat layanan Power BI yang cocok digunakan untuk perusahaan atau organisasi, yaitu Power BI Pro dan Premium.

Dengan layanan ini, Power BI dapat sangat bermanfaat bagi perusahaan dengan saling berbagi antar anggota perusahaan. Setiap perusahaan juga biasanya memiliki domain email sendiri yang memungkinkan pengguna Power BI dalam perusahaan dapat melihat dan menggunakan dashboard satu sama lain. Selain itu, terdapat manfaat praktis lainnya dari Power BI yang dapat digunakan oleh perusahaan.

Menemukan insight dengan cepat

Data merupakan aspek yang sangat penting bagi perusahaan, untuk itu menggali informasi dari data sangat dibutuhkan untuk meningkatkan performa perusahaan. Umumnya, data akan terlihat insightnya minimal menggunakan visualisasi. Jika tidak melakukan visualisasi, akan sulit mengambil informasi data dengan melihat raw datanya saja. Menggunakan Power BI, perusahaan dapat mendapatkan insight dari data dengan cepat karena software ini bersifat software business intelligence yang berfokus pada visualisasi data sehingga informasi data dapat dilihat dengan baik. Informasi ini juga mudah diperoleh karena software ini tidak memerlukan coding dan mayoritas hanya drag and drop untuk memunculkan hasilnya.

Insight juga dapat diperoleh dengan mudah bukan hanya karena penggunaannya yang mudah dengan cara drag and drop saja. Namun, insight juga mudah diperoleh karena tools dalam software ini cukup mudah dikenali bagi pengguna awam. Tampilan dari Power BI sangat mudah dipahami karena memiliki menu yang mirip dengan software Microsoft lainnya seperti Word atau Excel.

Ikon dari tiap pilihan visualisasi juga memudahkan pengguna dari perusahaan yang masih awam untuk dapat mencoba membuat analisis data dengan mudah. Pilihan dari visualisasi juga dapat ditambah dengan visualisasi yang ingin kita buat selain yang ada pada default. Setelah insight dari visualisasi sudah didapatkan, pengguna dalam perusahaan dapat meningkatkan insight dengan membagikannya kepada rekan satu tim dan berdiskusi di alat yang mereka gunakan setiap hari seperti Microsoft Teams, Dynamics 365, dan Microsoft Power Platform.

Contoh Menggali Informasi

Diberikan data transaksi dari superstore dan mengandung informasi penjualan, keuntungan, serta keterangan lainnya. Dari data tersebut, pengguna dapat membuat dashboard yang berisi gabungan dari beberapa visualisasi yang ingin dibuat. Idealnya, dalam datu dashboard memuat 6-7 visualisasi agar tiap visualisasi tetap dapat terlihat jelas dan mengandung informasi yang dapat dipahami

 

Jika perusahaan berfokus untuk melakukan analisis suatu parameter berdasarkan wilayah, dapat menggunakan visualisasi map. Visualisasi ini dapat diisi menggunakan data nama daerah seperti kota, provinsi, dan negara atau juga dapat menggunakan data titik koordinat suatu daerah. Pada dashboard contoh, visualisasi menggunakan map ditunjukan dengan visualisasi berjudul “Profit by State”. Visualisasi ini menjelaskan keuntungan yang didapatkan toko jika dilihat dari daerahnya, besar kecilnya keuntungan dilihat dari indikator warna, yaitu biru untuk untung semakin besar dan merah untuk rugi semakin besar.

Jika perusahaan ingin melakukan analisis berdasarkan waktu, direkomendasikan menggunakan visualisasi line chart. Dalam dashboard di atas, ditampilkan hasil keuntungan atau kerugian berdasarkan waktunya. Waktu dibagi menjadi 4 satuan, yaitu tahun, kuarter, bulan, dan hari. Semua satuan waktu ini dapat digunakan di Power BI dengan menggunakan sistem hierarki seperti dashboard contoh. Dalam visualisasi line chart, perusahaan juga dapat melakukan analisis peramalan untuk mengetahui apakah di masa depan perusahaan akan rugi atau untung dengan fitur forecasting sehingga dapat menentukan kebijakan di masa depan.

Menjaga Kerahasiaan Data Perusahaan

Power BI memungkinkan pengguna dalam suatu perusahaan saling berbagi dashboard dan analisis tanpa mengurangi kerahasiaan data. Pencegahan kehilangan data dilakukan dengan perlindungan data khusus peran yang dikelola secara terpusat dan keamanan tingkat baris. Selain itu agar kerahasiaan data tetap terjaga, perusahaan dapat memenuhi peraturan lokal tentang pengiriman layanan, residensi data, akses, dan kontrol dengan cloud nasional. Lindungi data Anda agar memenuhi standar kepatuhan dan sertifikasi untuk industri Anda.

Kesimpulan

Power BI merupakan software business intelligence yang tepat untuk perusahaan atau organisasi karena sudah terbukti memiliki manfaat praktis yang membantu perusahaan. Dengan mengikuti pelatihan atau belajar Power BI dari sumber terpercaya dapat membuat software ini dapat segera dipakai dan memberikan insight bagi perusahaan.