Apa Itu Microsoft Power BI

Microsoft Power BI adalah salah satu produk yang dikembangkan oleh Microsoft yang berfokus untuk data analytics dan visualisasi. Dengan Power BI user dapat membuat laporan dalam bentuk dashboard yang mampu memvisualisasikan data secara interaktif. Software ini sangat memungkinkan penggunanya menggali informasi terkait data yang dimiliki serta merumuskan solusi bisnis untuk perusahaan.

Microsoft Power BI diketahui diluncurkan pertama kali pada tahun 2015. Namun, sebenarnya software ini mulai dirancang pertama kali pada tahun 2010 dan sebelumnya diberi nama Project Crescent. Melalui pengembangan yang bertahap akhirnya software ini dapat digunakan oleh public dan resmi di rilis di tahun 2015 dengan nama Microsoft Power BI.

Beberapa manfaat praktis yang didapatkan dari menggunakan Power BI ini adalah :

  1. Data dapat ditampilkan secara real-time melalui dashboard yang dapat connect ke berbagai data source, baik secara on-premise ataupun berbasis cloud.
  2. Dikarenakan data dapat connect secara real time maka user dapat lebih cepat melakukan analisis dan menemukan outlier yang terjadi.
  3. Mengefisiensikan proses khususnya dalam hal reporting data. Jika dalam metode konvensional report dibuat secara manual dan redundant, maka dengan Power BI proses tersebut dapat di-cut secara signifikan.
  4. Kemudahan dalam mengakses report karena user dapat mengakses report secara online dari browser melalui device laptop, handphone ataupun tablet kapanpun dan dimanapun.
  5. Meningkatkan competitive advantage. Hal ini karena dengan Power BI pengguna dapat mengolah data dalam kapasitas besar dan menggunakan data tersebut untuk menggali insights yang ada untuk semakin mengenal customer dan memahami kondisi market yang berkembang.

Berikut ini adalah contoh dashboard atau report yang dibuat dengan Microsoft Power BI.

Microsoft power BI memiliki 3 tipe atau bentuk yang ditawarkan kepada pengguna untuk dimanfaatkan sehingga pengguna dapat mengakses software ini sesuai kebutuhannya. Tipe Power BI tersebut diantaranya Power BI Service, Power BI Desktop dan Power BI Mobile.

Power BI Desktop

Power BI Desktop adalah tipe Power BI yang diunduh dan diinstall di device. Power BI Desktop dapat diunduh secara gratis melalui link berikut:

https://www.microsoft.com/id-ID/download/details.aspx?id=58494

Dengan Power BI Desktop pengguna dapat membuat laporan atau dashboard secara offline, connect ke >135 data sumber baik on-premise sepert Excel, CSV ataupun berbasis cloud sepert MySQL, Oracle, SAP. Setelah membuat dashboard atau report di Power BI Desktop, selanjutnya pengguna dapat mempublish hasil pekerjaan ke Power BI Service sebelum akhirnya dapat dibagikan secara online kepada users atau kolega.

Power BI Service

Power BI Service adalah tipe Power BI berbasis cloud yang dihosting oleh Microsoft dimana memungkinkan pengguna melihat dashboard atau report secara online. Selain melihat hasil pekerjaan yang telah dibuat, melalui Power BI Service ini, pengguna dapat membagikan dashboard atau report ke user atau kolega dalam satu organisasi atau perusahaan.

 Power BI Mobile

Power BI juga memiliki layanan berbasis aplikasi mobile yang dapat diakses melalui smartphone dengan sistem operasi iOS, Android, atau Windows 10 yang memungkinkan pengguna terhubung dan berinteraksi dengan data. Layanan ini membuat orang yang ingin mengakses laporan analisis visualisasi tidak perlu menggunakan komputer atau laptop tetapi juga dapat mengakses lebih mudah dan simple.

 _____________________________

Untuk dapat mendapatkan full feature Power BI, pengguna dapat melakukan upgrade dari Free Version ke versi yang berbayar. Terdapat dua pilihan lisensi yang dapat digunaka, antara lain Power BI Pro dan Power BI Premium.

 Power BI Pro

Power BI Pro adalah lisensi berbayar yang dapat diperoleh dengan berlangganan dengan membayar $10 per pengguna setiap bulan. Perbedaan terbesar antara Power BI Free dan Power BI Pro adalah kemampuan untuk berkolaborasi dengan pengguna Power BI lainnya dan membagikan dashboard atau laporan ke seluruh anggota organisasi secara private.

Dengan Power BI Pro, pengguna dapat:

  • Berintegrasi dengan layanan Microsoft yang lain, seperti layanan data Azure
  • Membagikan hasil analisis visualisasi data, dashboard, dan laporan kepada pengguna Power BI yang lainnya (sesama license Pro) secara private sehingga kerahasiaan data dapat lebih terjaga
  • Membuat workspace sebagai tempat untuk berkolaborasi dengan rekan kerja untuk membuat koleksi dashboard dan laporan secara kolaboratif
  • Kapasitas penyimpanan Power BI Service yang memadai, yaitu 10 GB per user

Power BI Premium

Jika Power BI Pro adalah jenis lisensi yang diterapkan secara individual/per user, maka Power BI Premium adalah lisensi dengan skala satu perusahaan. Berikut ini adalah fasilitas yang didapatkan apabila perusahaan berlangganan Power BI Premium.

 Dengan Power BI Premium, pengguna memiliki.

  • Fleksibilitas untuk mempublikasikan laporan di seluruh perusahaan, tanpa mengharuskan penerima dilisensikan secara individual per pengguna
  • Skala dan kinerja yang lebih besar daripada kapasitas bersama dalam layanan Power BI
  • Kemampuan untuk memelihara aset BI di tempat dengan Server Laporan Power BI
  • Satu permukaan API, serangkaian kemampuan yang konsisten, dan akses ke fitur terbaru untuk analitik tersemat